Perawatan Computer

ALKOHOL 70% (kadar lebih/kurang dari 70% tidak dianjurkan)
- Dapat digunakan untuk menggantikan cairan pembersih pada disket pembersih yang berfungsi membersihkan drive yang kotor oleh debu (Floppy drive, CD-ROM drive). - Dapat digunakan untuk membersihkan CD, usapkan dengan kain halus pada CD yang ingin dibersihkan dengan gerakan memutar mengikuti alur CD).
- Juga untuk membersihkan layar monitor, teteskan pada kain lap yang bersih dan halus lalu lapkan pada layar monitor.
- Buat yang suka menyuntikkan tinta pada printernya pasti sering belepotan, kan? Untuk mengatasinya gunakan sedikit cairan alkohol 70%, teteskan pada kain lap (kotor nggak apa-apa) dan gunakan untuk membersihkan (tangan, lantai, printer, dan lain-lain) yng terkena tinta.

CAIRAN PEMUTIH
Dapat digunakan untuk membersihkan penutup hardware yang terbuat dari plastik (casing plastik, speaker, body monitor, dan lainlain) yang berwarna putih! Caranya: rendam benda yang ingin dibersihkan dalam ember yang berisi air dan pemutih, tunggu beberapa saat (30 menit-1 jam), kemudian sikatlah dengan sikat yang halus (sikat gigi bekas). Cara ini biasa digunakan pada benda seputar PC yang sering berubah warna menjadi kekuningan. Namun apabila benda yang dibersihkan sudah berusia terlalu lama, biasanya cara pembersihan ini hanya mampu mengurangi kadar warna kekuningannya.

KAMFER & OBAT SEMPROT/ SPRAY ANTI SERANGGA
Pernahkan komputer Anda berubah menjadi sarang semut? Bila iya, inilah solusi untuk mencegah terjadinya kejadian serupa. Semut adalah salah satu jenis hewan yang membentuk koloni, ternyata menaruh perhatian besar pada benda kesayangan kita (PC). Mungkin banyak dari Anda yang tidak tahu bahwa semut sangat suka memanfaatkan celah-celah pada drive (Floppy drive, CD drive, harddisk, speaker, monitor, keyboard, dan lain-lain) untuk menyimpan telur dan bahan makanan. Efek yang ditimbulkan oleh ‘BUG’ ini sangatlah berbahaya. Floppy drive dan CD-ROM drive bahkan harddisk akan menjadi rusak dikarenakan para semut ini sangat getol membuat lubang pada bahan yang terbuat dari plastik (plastik yang rata akan berubah menjadi bentolbentol). Sedangkan pada harddisk akan membuat piringan HD dipenuhi cairan lengket. Bila hal ini terjadi pada PC Anda, katakan saja selamat tinggal buat komponen-komponen tersebut karena memang sudah unrecoverable lagi. Untuk menghindari hal tersebut dapat digunakan cara pencegahan sebagai berikut: Kamfer dapat Anda masukkan dalam casing (dapat digantung/ditaruh pada tepi casing yang agak kosong) hal ini akan mencegah semut untuk bersarang. Sedangkan spray anti serangga dapat Anda semprotkan pada sisi luar casing, speaker, keyboard dan
monitor sehingga semut-semut akan menjadi alergi terhadap PC Anda!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perintah-Perintah Dasar FreeBSD / Linux pada Konsole

Benarkah Wanita Tercipta dari Tulang Rusuk Pria? Ini Hasil Penelitian Genetika